Nah,, sya akan menshare contoh format laporan berdasarkan pengalaman yang
telah saya lalui,,
·
JUDUL : PRAKTIKUM UJI DAYA LISTRIK PADA LARUTAN
·
TUJUAN : UNTUK MENGETAHUI LARUTAN APA YANG DAPAT DI
ALIRI/ MENGHANTARKAN ARUS LISTRIK
· LANGKAH KERJA:
Ø . Susunlah alat penguji daya hantar listrik larutan. Alat ini
dapat dibuat sendiri dengan bahan yang sederhana. Gunakan elektronde, dari
grafit batu baterai bekas.
Ø . Ujilah larutan yang terdapat pada tabel
berikut dengan cara mencelupkan elektrode ke dalam larutan (bila akan berganti
larutan cucilah elektrodenya dan keringkan dengan kertas tissue).
·
·
HASIL
PENGAMATAN :
JENIS
AIR
|
GELEMBUNG
|
LAMPU
|
Air
kolam
|
Ada
|
Mati
|
Air
gula
|
Banyak
gelembung
|
Mati
|
Air
garam
|
Banyak
gelembung di anoda
|
Hidup
|
Alkhohol
|
Tidak
ada
|
mati
|
·
PEMBAHASAN
Ø Larutan elektrolit dan non elektrolit
ü Larutan elektrolit adalah larutan
yang dapat menghantarkan listrik
ü Sedangkan larutan non elektrolit
adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik
Ø Contoh-contohnya
ü Larutan elektrolit : air garam
ü Larutan non elektrolit : air kolam
Ø Mengapa larutan elektrolit dapat
menghantarkan listrik ??
ü Karena di dalamnya
terdapat/mengandung ion
Ø Reaksi ionisasinya ??
Ø
1. Elektrolit Kuat
a. Asam kuat
HxZ (aq)-> x H+(aq)
+ Zx–(aq)
Contoh:
• HCl(aq)-> H+(aq) + Cl–(aq)
• H2SO4(aq)-> 2
H+(aq) + SO42–(aq)
• HNO3(aq)-> H+(aq)
+ NO3–(aq)
b. Basa kuat
M(OH)x(aq)-> Mx+(aq)
+ x OH–(aq)
Contoh:
• NaOH(aq)-> Na+(aq) +
OH–(aq)
• Ba(OH)2(aq)-> Ba2+(aq)
+ 2 OH–(aq)
• Ca(OH)2(aq)-> Ca2+(aq)
+ 2 OH–(aq)
c. Garam
MxZy(aq)-> x My+(aq)
+ y Zx–(aq)
Contoh:
• NaCl(aq)-> Na+(aq) +
Cl–(aq)
• Na2SO4(aq)-> 2
Na+(aq) + SO42–(aq)
• Al2(SO4)3(aq)->
2 Al3+(aq) + 3SO42–(aq)
2. Elektrolit Lemah
a. Asam lemah
HxZ(aq) x H+(aq)
+ Zx–(aq)
Contoh:
CH3COOH(aq) H+(aq)
+ CH3COO–(aq)
H2SO3(aq) 2 H+(aq)
+ SO32–(aq)
H3PO4(aq) 3 H+(aq)
+ PO4–(aq)
b. Basa lemah
M(OH)x(aq) Mx+(aq)
+ x OH–(aq)
Contoh:
NH4OH(aq) NH4+(aq)
+ OH–(aq)
Al(OH)3(aq) Al3+(aq)
+ 3 OH–(aq)
Fe(OH)2(aq) Fe2+(aq)
+ 2 OH–(aq)
Ø Gambar alat
Ø Aplikasi / manfaat : ,,,,,,,,,,,,
·
0 komentar:
Posting Komentar